Kamis, 14 Januari 2010

Honda Civic Type R Mugen

Temuilah Civic gila yang dipersiapkan khusus untuk menjadi penakluk Ford Focus RS. Type R yang satu ini di-tunning oleh rumah modifikasi khusus Honda yang terkemuka, Mugen. Dan tak ada tujuan lain selain merebut kembali kejayaan Honda sebagai penguasa kelas Hot Hatch.
Dalam beberapa tahun belakangan, mesin Type R dengan format 2.000 cc bertenaga 198 dk telah menjadi cibiran bagi beberapa pesaingnya. Sebut saja Renaultsport Megane R26.R dengan tenaga 227 dk dan Focus RS yang menyentuh 301 dk. Itu sebabnya, pabrikan asal Jepang ini menugaskan Mugen untuk membuat Civic menjadi jauh lebih bertenaga. Tentu dengan rencana penjualan yang terbatas demi eksklusivitas. Dan kami mengendarai salah satu diantaranya.
Dengan keahlian membuat mesin F1 dan mobil jalan raya Honda, reputasi Mugen tak perlu diragukan kagi. Untuk urusan Civic Type R, jelas Mugen tahu apa yang harus mereka lakukan. Daftar ubahan yang dilakukan di antaranya pengguynaan panel bodi ekstraringan, paket suspensi baru, ban dengan grip yang baik, dan rem khusus.
Demi meringankan ‘tubuh’, terdapat perubahan radikal yang mengosongkan kabin belakang hingga terlihat melompong. Lalu menempatkan beberapa indicator tambahan dan mengganti sepasang jok depan dengan bucket-seat Recaro, lengkap dengan sabuk pengaman empat titik.
Sektor dapur pacu jelas mendapatkan perhatian utama. Mesin i-VTEC 2.000 cc-nya mendapatkan ECU, piston dan camshaft baru. Termasuk exshaust suustem berbahan stainless steel. Sehingga kini unit tersebut mampu melecutkan 237 dk dengan torsi sebesar 213 Nm, atau meningkat 39 dk dan 19 Nm.
Dikombinasikan program diet hingga mengalami defisit bobot 105 kg, tenaga sebesar itu memberikan hasil signifikan. Untuk 0-96 km/jam mampu is tuntaskan dalam tempo 6 detik, atau lebih cepat 0,5 detik. Diatas 5.000 rpm, mesin Type R Mugen mengeluarkan gemuruh layaknya mobil balap BTCC dan terus menanjak hingga 8.500 rpm. Sesaat kemudian Anda bersyukur bahwa bucket-seat Recaro itu mampu mendekap dengan sempurna.
Kenikmatan tersebut tak lepas dari kepresisian pedal kopling dan licinnya girboks 6 percepatan. Sehingga batsab akan kecepatan perpindahan gigi sepenuhnya tergantung dari kemampuan pengemudi melakukan shifting.
Bawalah mobil ini ke tikungan dan Anda akan dibuat tersenyum oleh grip fantastis, absennya gejala body roll, dan feedback kemudi yang sempurna. Seperti Megane TR26.R, bantingan suspensinya sangat keras, dan kabinnyha didominasi suara knalpot dan mesinnya yang sangat keras.
Bagaimanapun, Type R Mugen ini sungguh luar biasa di jalan raya, dan kami yakin kehebatan itu terus berlanjut saat Anda membawanya ke sirkuit. Mobil ini dibuat terbatas, hanya 25 unit, dan dijual mulai 2010 denga banderol Rp 630 juta.
Kami setuju jika harga tersebut terhitung mahal untuk sebuah hot hatch, namun kami yakin Honda tak akan kesulitan untuk menemukan pembelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar